google-site-verification=Mtg2qYeTbO-OicVTMuxz4aDP_ahmLeFF08hexnOLiVw Cara Mengatasi Luka Infeksi Gatal Pada Kulit - Jordans Infoku

Tuesday, 19 May 2020

Cara Mengatasi Luka Infeksi Gatal Pada Kulit

Ilustrasi Luka pada Siku
Saat luka infeksi gatal, semua dokter kulit menyarakan agar kulit luka tidak digaruk supaya tidak muncul infeksi yang berkelanjutan dari luka tersebut. Namun banyak orang yang memiliki luka sangat sulit rasanya untuk menahan diri untuk tidak menggaruk bagian luka yang gatal, bahkan sebagian orang merasakan kenikmatan tersendiri ketika menggaruk bagian kulit luka yang gatal.

Menurut beberapa dokter kulit ketika luka infeksi gatal lalu digaruk kemudian dibiarkan saja akan menimbulkan perubahan kuman normal kulit mejadi kuman gram positif yang berakibat terbentuknya nanah. Dan biasanya saat luka infeksi itu sembuh akan terjadi penebalan pada kulit, bahkan kulit bekas luka akan menghitam. Tentu pembaca sekalian tidak mau kan punya bekas luka yang menghitam.

Lalu bagaimana cara mengatasinya? Solusi mudahnya untuk mengatasi gatal pada luka bukanlah digaruk melainkan ditaburi bedak pada titik gatal. Tapi rasanya jika luka terletak dibagian yang biasa terbuka seperti lengan dan bagian tangan atau kaki akan sangat risih jika harus diberikan bedak saat beraktifitas di luar rumah. Nah dalan artikel kali ini akan membahas tentang cara mengatasi luka infeksi gatal pada kulit. Simak terus penjelasannya ya.

1. Membersihkan luka dengan air mengalir

Banyak orang menganggap ketika mendapatkan luka langsung dibersihkan menggunakan alkohol, memang alkohol memiliki kemampuan disinfektan, tapi lebih tepatnya digunakan oleh disinfeksi medis. Karena itulah ketika Anda mendapatkan luka bersihkanlah menggunakan air mengalir saja, sebab menggunakan alkohol untuk membersihkan luka akan merusak sel-sel sehat disekitar luka yang tentunya akan mengganggu proses penyembuhan luka.

2. Tutup luka

Hal yang sering didengar dikalangan masyarakat bahwa luka yang dibiarkan terbuka akan lebih cepat kering dan sembuh. Tapi ternyata dalam sebuah penelitian disebutkan bahwa luka yang ditutup akan lebih cepat sembuh. Sebab luka infeksi gatal yang digaruk akan mengakibatkan semakin parah luka. Karena itulah akan lebih aman jika luka ditutup, selain menghindari digaruk-garuk dengan menutup luka akan mengurangi infeksi dan terhindar dari kotoran serta kuman.

3. Bersihkan nanah

Saat mendapatkan luka gores biasanya di kulit yang terluka akan mengeluarkan nanah kekuning-kuningan, hal itu menurut dokter sudah sangat wajar. Saat luka megeluarkan nanah kekuningan tandanya tubuh sedang berusaha melindungi luka dengan nanah kekuningan yang nantinya akan menjadi keropeng.

Tapi jika nanah yang keluar dari luka berwarna kehijauan dan baunya tidak sedap tandanya luka anda sudah terinfeksi. Harus segera dibersihkan dengan air mengalir atau jika mau lebih simple datanglah ke dokter untuk diobati.

4. Jangan digaruk

Ada statemen yang menyatakan bahwa ketika luka mulai gatal tandanya sebentar lagi luka tersebut akan sembuh. Ternyata statemen tersebut adalah sebuah fakta. Menurut para dokter penyebab rasa gatal tersebut adalah kulit disekitar luka mulai saling tarik menarik selama proses peyembuhan. Tapi perlu diingat rasa gatal juga tak selamanya tanda luka akan sembuh, bisa jadi juga karena alergi salep atau bisa juga terjadi infeksi seperti ragi atau jamur karena luka tidak dibersihkan. Jadi harus dipastikan dulu penyebab gatelnya, untuk menghindari infeksi karena jamur akan lebih baik jika luka ditutup supaya tidak terkena kotoran maupun kuman.

Nah itulah cara mengatasi luka infeksi gatal, sangat mudah bukan? Semua tips di atas bisa dilakukan sendiri di rumah saat mendapatkan luka, tak perlu ke dokter jika memang belum diperlukan. Ingat! Luka infeksi gatal jangan digaruk, sebab dengan digaruk maka luka Anda akan lebih lama sembuh. Semoga bermanfaat.

No comments:
Write comments