google-site-verification=Mtg2qYeTbO-OicVTMuxz4aDP_ahmLeFF08hexnOLiVw 5 Tips Sukses Memulai Usaha Toko Kelontong - Jordans Infoku

Saturday, 7 December 2019

5 Tips Sukses Memulai Usaha Toko Kelontong

Toko Kelontong Kekinian
Di zaman yang semakin susah mencari pekerjaan tetap, membuat banyak orang banting setir mencoba menjadi wirausaha. Bahkan orang-orang yang sudah memiliki pekerjaan tetap pun tak mau kalah dan mulai mencoba menjadi wirausaha. Sebab mereka berfikiran sewaktu-waktu bisa saja perusahaan tempat kerjanya bangkrut atau di PHK oleh perusahaan akhirnya mulai mencoba menjadi wirausaha salah satu pilihannya adalah dengan membuka usaha toko kelontong.

Banyak orang terutama kaum ibu-ibu rumah tangga yang bertanya-tanya, usaha apa yang paling cocok dengan waktunya yang setiap waktu harus di rumah menyelesaikan pekerjaan rumah dan segala macam urusan rumah tangganya. Jawaban paling tepat adalah membuka usaha toko kelotong.

Dari masa ke masa usaha toko kelontong memang masih diminati oleh banyak orang, terlebih lagi ibu rumah tangga. Sebab selain bisa menyelesaikan urusan rumah tangganya, dia bisa membantu keuangan keluarga. Jika Anda termasuk kalangan ibu-ibu rumah tangga yang ingin membuka toko kelontong berikut tips supaya toko kelontong Anda bisa sukses.

1. Letak toko strategis

Ketika Anda ingin membuka usaha hal terpenting adalah letaknya yang strategis. Sebab dengan letaknya yang strategis dalam artian mudah diakses dan masuk di pemukiman warga tentu akan membuat warga sekitar berbelanja ke toko Anda karena mudah di akses serta dekat dengan rumahnya.

2. Lakukan survey

Ketika hendak membuka toko kelontong hal selanjutnya adalah dengan memperhatikan kebutuhan masyarakat sekitar dan melihat pesaing. Dengan memperhatikan kebutuhan masyarakat tentu akan ketemu barang-barang apa saja yang harus dipersiapkan untuk dijual kembali. Karena kebutuhan masing-masing daerah tentu sangat berbeda kecuali kebutuhan pokok seperti beras, gula, minyak dan sebagainya.

3. Cari tempat kulakan yang murah

Hal selanjutnya adalah mensurvey tempat untuk kulakan barang yang akan dijual. Caranya banyak bisa tanya-tanya ataupun mencoba belanja di toko-toko grosir kemudian Anda bandingkan sendiri mana yang paling murah dan cocok untuk kulakan toko kelontong Anda.

4. Susunan toko yang menarik

Dulu toko kelontong terkenal dengan tempatnya yang sempit, barangnya tidak lengkap serta berantakan. Nah bagi Anda yang ingin membuka toko kelontong di zaman ini dekorasi toko menjadi hal yang sangat penting sebab pembeli lebih senang datang ke toko yang rapi sehingga memudahkan pembeli ketika memilah-milih barang yang ingin dibeli.

5. Berikan pelayanan terbaik

Terakhir yang harus Anda lakukan adalah menjadikan konsumen seperti raja. Berikan pelayanan terbaik kepada konsumen. Hal ini bertujuan supaya meninggalkan kesan positif di benak konsumen sehingga konsumen akan loyal dan menjadi pelanggan tetap toko Anda.

Nah itulah beberapa tips penting supaya toko kelontong Anda ramai pembeli. Cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan bergabung dengan SRC (Sampoerna Retail Community). SRC merupakan komunitas khusus yang akan membantu pemilik toko kelontong untuk mengembangkan usahanya. Dengan berbagai informasi bermanfaat dari tim SRC dan juga program menarik dari SRC yang melibatkan toko kelontong, akan membuat omset toko Anda semakin meningkat. Tidak hanya itu, SRC juga menyediakan aplikasi AYO SRC yang memberikan banyak keuntungan untuk toko maupun konsumen. Semoga bermanfaat.

No comments:
Write comments