Friday, 9 November 2018

4 Hal Yang Harus Diperhatikan Ketika Mengklaim Asuransi Kesehatan

Formulir Klaim Asuransi
Klaim asuransi kesehatan Anda ditolak? Siapapun pasti akan sangat marah ketika klaim asuransinya ditolak padahal sudah membayar premi yang mahal tapi ketika akan mengklaim langsung ditolak oleh pihak perusahaan penyedia jasa asuransi. Itu keluhan yang amat sangat wajar, karena semua orang yang menjadi peserta asuransi tidak ingin klaimnya ditolak.

Ketika pengajuan klaim Anda ditolak hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengevaluasi kembali klaim yang telah ditolak. Ternyata banyak klaim ditolak karena kekurangan dokumen yang diminta oleh pihak perusahaan asuransi yang sudah tertera jelas dalam polis asuransi.

Semua ketentuan yang tercatat dalam polis adalah landasan hukum yang wajib dipenuhi oelh pemegang polis dan juga perusahaan penyedia jasa asuransi. 

Yang menjadi kendala terbesar dalam hal ini adalah banyak peserta asuransi yang tidak membaca secara keseluruhan apa yang tertulis dalam polis asuransi, nah kali ini saya akan membahas tentang apa saja yang harus Anda cermati dalam polis asuransi supaya pengajuan klaim asuransi Anda tidak ditolak pihak perusahaan asuransi.

Masa tunggu klaim asuransi

Dalam asuransi kesehatan memberikan syarat tentang adanya masa tunggu, selama masa tunggu tertanggung tidak diperkenankan untuk megajukan klaim. Terkadang masa tunggu 30 hari atau 60 hari sejak polis disetujui tergantu perusahaan asuransi. Jadi jika Anda ingin mengajukan klaim tunggulah 30 hari setelah polis asuransi disetujui pihak perusahaan.

Bukan penyakit yang tidak diganti di tahun pertama

Ternyata dalam asuransi kesehatan tidak semua penyakit mempunyai masa tunggu 30 hari atau 60 hari. Ada beberapa penyakit yang masa tunggunya sampai 12 bulan. Seperti halnya dalam perusahaan asuransi prudential mencantumkan ada 19 penyakit yang baru bisa diklaim setelah 12 bulan sejak polis disetujui. Jika Anda mengklaim asuransi ini sebelum 12 bulan maka klaim Anda akan ditolak. Karena itu Anda harus tau cara klaim asuransi prudential, sehingga klaim Anda tidak ditolak.

Memenuhi syarat

Jika klaim Anda tidak ingin ditolak tentunya harus memenuhi syarat, semua syaratnya tentu sudah dijelaskan oleh pihak penyedia jasa asuransi kepada para peserta asuransi sehingga sudah sepantasnya para peserta mengetahui syarat pengajuan klaim asuransi, karena klaim asuransi kesehatan punya prosedur dan persyaratannya masing-masing.

Bukan pre-Existing Condition

Pre-Existing condition adalah ketentuan asuransi kesehatan yang menyebutkan peserta menderita penyakit atau kondisi yang telah ada sebelumnya. Karena semua pihak asuransi tidak akan membayar apapun dalam hal tertanggung memiliki pre-existing condition. Jadi semua penyakit yang sudah diderita tertanggung sebelum polis asuransi kesehatan disetujui tidak akan ditanggung oleh pihak penyedia asuransi.

Jadi para peserta asuransi perlu meneliti betul-betul 4 hal di atas sehingga pengajuan klaim asuransi kesehatan Anda langsung diterima oleh pihak perusahaan. Semoga info ini membantu para pembaca sekalian.

No comments:
Write comments