Monday, 27 August 2018

Fasilitas untuk Investasi Asing di Indonesia

Fasilitas untuk investasi asing di Indonesia
Investasi asing di Indonesia saat ini sedang berkembang pesat. Semakin banyak investor asing yang melakukan investasi di Indonesia. Tak hanya satu bidang industri, investasi asing dilakukan dalam berbagai bidang. Munculnya investasi asing di Indonesia terus bertambah dari waktu ke waktu dan membuat banyak perusahaan asing baru bermunculan di negara kita.

Bagi sebagian orang, investasi asing di Indonesia dipandang sebagai suatu hal yang negatif. Adanya investasi asing dianggap memberikan pengaruh buruk bagi Indonesia. Namun, bagi sebagian orang kehadiran investasi asing justru dianggap sebagai suatu hal yang positif dan bisa memberikan keuntungan bagi negara kita.

Seperti kita ketahui bahwa investor asing memiliki ketertarikan di Indonesia karena memang di negara kita banyak fasilitas yang memadai para investor untuk menjalankan bisnis mereka. Kali ini kita akan membahas apa saja sebenarnya fasilitas yang diberikan oleh negara kita hingga membuat para investor asing bersedia untuk berinvestasi di negara kita.

Fasilitas untuk Investor Asing

Dengan adanya banyak investor asing, negara kita otomatis mendapat banyak keuntungan salah satunya lewat meningkatnya pendapatan negara akibat pajak bagi perusahaan asing. Oleh karena itu, sebenarnya bukan masalah besar jika banyak terjadi investasi asing di Indonesia. Justru negara kita perlu menyediakan fasilitas agar investor asing semakin tertarik untuk berinvestasi.

Inilah dia beberapa fasilitas dari Indonesia yang menarik minat para investor asing :

1. Lokasi

Indonesia memiliki wilayah negara yang sangat luas terbentang dari Sabang sampai Merauke. Bukan hal yang sulit untuk menemukan lokasi yang tepat bagi para investor asing di Indonesia. Ditambah lagi setiap lokasi di Indonesia memiliki karakteristik dan potensi yang berbeda-beda yang bisa menguntungkan para investor asing.

2. Sumber Daya Alam

Sumber daya alam menjadi salah satu alasan utama para investor melirik Indonesia. Kita tahu bahwa Indonesia memang memiliki kekayaan alam yang begitu melimpah. Namun, bukan berarti investor asing ingin mencuri sumber daya alam dari kita melainkan memaksimalkan pemanfaatan sumber daya alam di Indonesia dan hal ini bisa menjadi keuntungan tersendiri bagi Indonesia.

3. Potensi Sumber Daya Manusia

Tak hanya sumber daya alam, Indonesia juga memiliki sumber daya manusia yang berkualitas. Potensi sumber daya manusia Indonesia membuat para investor asing semakin yakin untuk berinvestasi di Indonesia. Hal ini tentu juga menjadi keuntungan tersendiri bagi negara kita karena akan semakin luas lapangan pekerjaan bagi masyarakat.

4. Perizinan yang Mudah

Salah satu fasilitas yang diberikan Indonesia kepada para investor asing adalah proses perizinan yang mudah. Hal ini tentu akan membuat proses investasi dan pendirian perusahaan juga menjadi semakin mudah. Itulah mengapa sampai sekarang masih banyak investor asing yang datang ke Indonesia.

5. Kawasan Industri

Indonesia mempermudah investor asing yang datang ke negara kita dengan penyediaan kawasan industri yang lengkap. Fasilitas ini tentu saja memudahkan investor asing untuk berinvestasi di berbagai bidang industri. Indonesia sudah menyiapkan kawasan industri dengan bidang masing-masing dan sangat beragam jenisnya.

Itulah tadi beberapa fasilitas yang diberikan Indonesia bagi investor asing yang masuk ke Indonesia. Pemberian fasilitas ini diharapkan bisa menarik lebih banyak investor asing di Indonesia dan mendukung proses pembangunan di negara kita. Sementara itu, sebagai warga negara yang baik kita harus bersedia untuk mengawal pertumbuhan investasi asing di Indonesia agar bisa memberikan manfaat.

No comments:
Write comments