Sunday, 17 December 2017

Plesir ke Banyuwangi, Inilah 6 Destinasi Wisata yang Wajib Anda Kunjungi

Banyuwangi merupakan sebuah kota sekaligus kabupaten yang terletak di ujung timur Provinsi Jawa Timur. Sebagai kabupaten yang memiliki luas wilayah paling besar di Pulau Jawa, Banyuwangi menyimpan beragam destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Bahkan, karena kekayaan destinasi wisata yang dimilikinya, kabupaten yang terkenal dengan Suku Osing-nya ini telah sukses mendatangkan sebanyak 3 juta wisatawan lokal dan 72 ribu wisatawan mancanegara pada tahun 2016.

Untuk menuju Banyuwangi, ada tiga cara yang bisa Anda pilih, yaitu melalui jalur darat, udara, serta laut. Bagi Anda yang masih berada di Pulau Jawa, memilih jalur darat dengan menggunakan alat transportasi kereta api bisa menjadi pilihan yang sangat tepat. 

Jika dari Jakarta, Anda bisa naik kereta api Bangun Karta atau Bima yang memiliki tujuan akhir Stasiun Surabaya Gubeng. Kemudian, dari Stasiun Gubeng, Anda dapat melanjutkan perjalanan ke Banyuwangi dengan naik kereta api Sri Tanjung atau Mutiara Timur.

Untuk mendapatkan tiketnya, selain bisa membeli langsung di loket pembelian tiket yang ada di stasiun, kini Anda juga bisa pesan tiket kereta api di Traveloka.com. Situs booking hotel dan tiket perjalanan ini memiliki sejumlah keunggulan yang tidak dimiliki situs-situs lainnya. Sebab, selain menawarkan harga yang lebih terjangkau, Traveloka juga sering memberikan promo dan diskon menarik di waktu-waktu tertentu. 

Nah, jika Anda berkunjung ke Banyuwangi, berikut adalah beberapa destinasi wisata yang wajib dikunjungi.

1. Kawah Ijen

Tempat Wisata - 4.bp.blogspot.com
Kawah ijen merupakan sebuah danau kawah yang terletak di puncak Gunung Ijen. Kawah seluas 20 kilometer yang dikelilingi oleh dinding kaldera setinggi 300 sampai 500 ini menyuguhkan pemandangan alam yang sungguh luar biasa. Karenanya, tak heran jika objek wisata ini selalu ramai dikunjungi para wisatawan lokal maupun mancanegara.

Selain pemandangan kawah belerang yang berwarna biru kehijauan, daya tarik lain yang dimiliki dari Kawah Ijen adalah fenomena api biru atau blue fire. Untuk melihat blue fire, Anda sebaiknya memulai pendakian ke Kawah Ijen saat dini hari karena nyala api biru dari dalam kawah akan terlihat semakin cantik saat kondisi di sekitarnya gelap.

2. Teluk Hijau (Green Bay)

Tempat Wisata - blog.reservasi.com
Pantai Teluk Hijau atau yang juga sering disebut Green Bay ini memiliki panorama pantai yang sungguh memesona. Dengan hamparan pasir putihnya yang berkilau, air lautnya yang jernih kehijauan, serta suasana asri dari hutan tropis di sekitar pantai pasti akan membuat Anda betah berlama-lama menikmati keindahannya. Anda bisa berenang, bermain pasir di pinggir pantai, memancing, snorkeling, atau mengunjungi Air Terjun Bidadari yang terletak tak jauh dari pantai.

3. Teluk Biru (Blue Bay)

Tempat Wisata - asliindonesia.net
Selain Teluk Hijau, objek wisata lainnya di Banyuwangi yang juga tak kalah mengagumkan adalah Teluk Biru atau Blue Bay. Jika Green Bay menyuguhkan keindahan pantai berpasir putih dengan air laur yang berwarna kehijauan, Blue Bay lebih menawarkan keindahan bawah laut dengan aneka terumbu karang yang indah. Dengan lautnya yang berwarna biru jernih, tak heran jika Blue Bay menjadi salah satu sport snorkeling yang banyak didatangi para wisatawan selain Pulau Tabuhan dan Pantai Bama yang ada di Baluran.

4. Pantai Plengkung

Tempat Wisata - wisataterindah.net
Pantai Plengkung atau yang juga sering disebut G-Land ini merupakan sebuah pantai cantik yang sangat populer di kalangan para peselancar, baik itu peselancar domestik maupun peselancar dari mancanegara. 

Bagaimana tidak? Pantai yang berada di ujung timur Banyuwangi ini memang memiliki ombak yang sangat ideal untuk berselancar. Bahkan, pantai ini juga mendapat julukan The Seven Giant Waves Wonder karena ombaknya yang dapat berbentuk tujuh gulungan besar dengan ketinggian hingga enam meter. Tak hanya itu saja, ombak di Pantai Plengkung ini juga disebut-sebut sebagai ombak terbaik kedua di dunia setelah Hawaii.

Nah, jika Anda hobi berselancar, waktu terbaik untuk berselancar di Pantai Plengkung ini adalah antara bulan Juli sampai September. Jika tidak memungkinkan untuk membawa peralatan berselancar, Anda pun tidak perlu khawatir karena ada banyak jasa penyewaan peralatan selancar yang bisa Anda temukan di sekitar pantai.

5. Pulau Tabuhan

Tempat Wisata - 3.bp.blogspot.com
Pulau Tabuhan adalah sebuah pulau kecil yang terletak sekitar 20 kilometer dari pusat Kota Banyuwangi. Pulau tak berpenghuni ini menawarkan pemandangan alam yang begitu mengagumkan. Saat berkunjung ke pulau ini, Anda akan melihat pemandangan eksotis dari hamparan pasir putih yang berkilau dan gradasi air laut yang sangat indah di sepanjang pantainya. 

Selain terkenal dengan keindahan alamnya, Pulau Tabuhan juga dikenal sebagai destinasi favorit para pencinta olahraga kitesurfing (selancar layang) dan windsurfing (selancar angin). Hal ini disebabkan karena angin yang berembus di sekitar pulau memang cukup kencang dan sangat ideal untuk melakukan olahraga tersebut. Bahkan, Pulau Tabuhan juga pernah menjadi lokasi kegiatan kitesurfing dan windsurfing internasional pada tahun 2015.

Itulah beberapa destinasi wisata di Banyuwangi yang wajib Anda kunjungi. Bagaimana? Tertarik untuk menjelajahi tempat-tempat wisata di atas? Tunggu apa lagi, segera rencanakan liburan Anda sekarang juga!

No comments:
Write comments