Rabu, 11 Oktober 2017

6 Pulau Tropis Tersembunyi Di Kepulauan Anambas

Namanya mungkin belum se-populer Raja Ampat, namun kepulauan Anambas yang berada di provinsi Kepulauan Riau, memiliki pesona keindahan alam tropis yang tidak kalah dengan surga Papua tersebut. Ya, Kepulauan Anambas memiliki banyak sekali pesona alam yang masih perawan dan belum terjamah, lautnya yang biru, dengan terumbu karangnya yang cantik, membuat siapapun betah untuk berlama-lama berada di kepulauan cantik ini. 

Bahkan, ketika air laut sedang surut, anda bisa melihat beberapa pulau yang terhubung dengan laguna yang berupa gundukan pasir putih dengan taman karang yang indah. Sebagai bagian dari provinsi Kepri, kepulauan yang berada di Laut China Selatan ini terdiri atas 238 pulau, dan hanya 26 pulau saja yang berpenghuni. Bahkan, CNN menobatkan kepulauan Anambas sebagai kepulauan tropis terindah di Asia. Tertarik untuk datang ke kepulauan Anambas? Lakukan memesan tiket pesawat dan hotel menuju Riau. Anda bisa menggunakan maskapai penerbangan Batik Air yang menyediakan rute perjalanan langsung menuju Kepulauan Riau. Setelah sampai di Anambas, anda bisa mengunjungi pulau-pulau kecil berikut ini.

Pantai Arung Hijau

Pantai Arung Hijau
Jika anda ingin berwisata ke pulau yang tidak terlalu jauh dari pusat kota, anda bisa mengunjungi pantai Arung Hijau yang berada di kawasan Tarempa. Di pantai indah ini, sudah banyak tersedia pondok-pondok kecil yang terbuat dari kayu, sambil menikmati keindahan lanskap alam Anambas sambil menikmati es kelapa dan berbagai sajian kuliner yang banyak tersedia di sekitar pantai. 

Cara menuju Pantai Arung Hijau: Bisa menggunakan sepeda motor atau mobil,  dengan waktu tenmpuh 20-30 menit saja dari pusat kota Tarempa.

Air Terjun Temburun

 
Air Terjun Temburun
Selain memiliki pulau-pulau indah nan eksotik, Anambas juga punya destinasi wisata alam yang indah. Salah satunya adalah air terjun Temburun yang berada di Desa Temburun, Kecamatan Siantan Selatan. Air terjun ini memiliki undakan sebanyak tujuh tingkat, dan dari tingkat ketujuhnya, anda bisa melihat pemandangan laut dan laguna yang begitu indah dengan sangat jelas. 

Cara menuju Air Terjun Temburun: Dari Tarempa, anda bisa menggunakan kapal pompong, dengan waktu tempuh perjalanan sekitar 30 menit. Setelah turun dari kapal, anda harus berjalan di tanah landai sejauh 200 meter untuk menjangkau tingkatan ketiga, lalu kembali menanjak sekitar 200 meter untuk mencapai puncaknya.

Pulau Penjalin

Pulau Penjalin
Pulau terluar Indonesia, dan berbatasan langsung dengan Malaysia, Singapura dan Vietnam ini, menjadi salah satu pulau terindah di Anambas, keelokan panoramanya sudah pasti akan membuat Anda takjub. Pemandangan pantai yang dihiasi pasir putih yang halus, dengan birunya air laut, bisa anda nikmati dengan sampan, berenang ataupun snorkeling. Salah satu pantai terkeren di pulau ini adalah Tanjung Momong, dengan pasir putih yang membentang sepanjang satu kilometer, cocok untuk menikmati keindahan sunset. 

Cara menuju Pulau Penjalin: Karena tidak ada speedboat khusus penumpang, anda harus menyewa pompong dengan kapasitas penumpang antara 5-20 orang, dengan lama perjalanan selama 1,5 jam dari Kota Tarempa.

Pulau Piugus

Pulau Piugus
Pulau yang satu ini memiliki pemandangan yang sangat eksotis. Dengan untaian pohon kelapa yang menghiasi bibir pantainya, yang jernih dan biru. Pulau ini semakin indah  dengan berhiaskan bongkahan-bongkahan  besar dari bebatuan karang. Tidak cukup sampai disitu saja, keindahan bawah lautnya pun sangat indah, terlebih ada ratusan spesies dan karang-karang cantik yang menghiasinya.
Cara menuju Pulau Piugus: Dari Desa Ladan di Pulau Matak Anambas (pulau yang memiliki bandara sendiri), anda bisa menyewa speedboat, dengan jarak tempuh sekitar setengah jam perjalanan. Atau menumpang kapal pompong yang membutuhkan waktu satu jam perjalanan.

Pulau Bawah

Pulau Bawah
Sebenarnya pulau ini adalah bagian dari Kepulauan Bawah yang memiliki banyak laguna-laguna cantik. Pulau bawah menjadi destinasi wisata yang paling diincar oleh para wisatawan lokal dan mancanegara saat berlibur ke Anambas. Tempatnya yang begitu tenang dan terpencil, membuat Anda serasa sedang berada di surga tropis pribadi.

Bisa dikatakan bahwa pulau Bawah adalah salah satu pulau terbaik di dunia, yang sekelas dengan pulau Bora-Bora di Tahiti! 

Cara menuju Pulau Bawah: Dari Kota Tarempa, anda bisa menumpang speedboat dengan waktu tempuh sekitar 4 jam, atau dengan naik pompong (perahu motor) dengan lama perjalanannya sekitar 7 jam.

Pulau Durai

Pulau Durai
Selain memiliki pantai-pantai yang cantik, Pulau Durai juga merupakan ‘kampung halaman’ bagi para penyu. Para spesies Penyu, datang ke pulau ini untuk mengerami telur mereka. Dan saat telur-telur penyu itu menetas, anda bisa melihat ratusan tukik lucu merayap dari lubangnya, dan berjuang untuk bisa menuju bibir pantai.

Cara menuju Pulau Durai: Pulau Durai dapat dicapai dengan menumpang kapal pompong dengan waktu tempuh sekitar satu jam dari kota Tarempa.

Tertarik untuk mencoba menjelajahi pulau-pulau tersembunyi diatas? Anda bisa pesan tiket pesawat dan hotel menuju Kepulauan Riau, dan merasakan sensasi nikmatnya berada di surga tropis yang indah.

Tunggu apalagi, lakukan pemesanan dan booking tiket pesawat dan hotel menuju Riau, anda bisa menggunakan maskapai Batik Air yang menyediakan rute penerbangan langsung menuju Riau. Beli tiketnya melalui situs booking online Reservasi.com. Selamat berlibur!

Tidak ada komentar:
Write komentar