Sabtu, 23 September 2017

Daftar Perlengkapan Naik Gunung Yang Wajib Anda Miliki

Pendaki Gunung
Persiapan dan perlengkapan apa saja yang harus disiapkan ketika ingin mendaki? Pertanyaan semacam itulah yang sering terlontar dari kawan-kawan pendaki pemula. Semenjak tenarnya film 5 CM beberapa tahun lalu banyak orang yang tiba-tiba suka dan mencoba salah satu olahraga ekstreme ini, sehingga yang mulanya predikat seorang pendaki menjadi nama yang istimewa kemudian nama tersebut sudah terlalu biasa bahkan sudah tidak ada istimewa-istimewanya. Semua orang terdorong ingin merasakan mendaki gunung tanpa berfikir panjang apa saja yang harus disiapkan dan dibawa. Perlu Anda ketahui bahwa aktivitas mendaki tidaklah semudah yang Anda lihat di layar kaca televisi Anda.

Karena itulah saya ingin berbagi pada Anda sekalian tentang perlengkapan apa sajakah yang harus dibawa oleh pendaki ketika hendak melakukan ekspedisi. Pertanyaan seperti di atas memang sangatlah wajar ditanyakan. Sebab setiap pendakian dari zaman dahulu baik pemula maupun yang sudah profesional harus melakukan persiapan baik fisik maupun peralatan pendakian.

Lalu apa saja perlengkapan untuk pendakian yang harus dibawa oleh setiap pendaki? Nah kali ini saya akan berbagi informasi tentang perlengkapannya. Simak baik-baik ya

1. Tas carier

Setiap pendaki wajib membawa tas, sudah sangat jelas fungsinya tentu untuk membawa dan menampung segala barang bawaan dan perlengkapan lainnya dalam pendakian. Perlu Anda ketahui bahwa tas carier itu sangat berbeda dengan tas-tas yang biasa Anda pakai untuk sekolah atau kuliah sebab tas carier memiliki bentuk yang lebih besar supaya segala keperluan pendakian bisa masuk ke dalamnya. Biasanya pendaki membawa tas carier ukuran 60 hingga 100 liter dalam setiap pendakiannya.

2. Jaket

Ketika mendaki Anda harus membawa jaket sebab udara di gunung sangatlah dingin serta ada hembusan-hembusan angin yang menusuk tulang Anda. Jadi siapkanlah jaketterbaik untuk mendaki supaya tubuh Anda tetap terjaga hangat seperti biasa. Karena memang cukup banyak kasus pendaki yang mengalami hipertemia karena jaket yang digunakan kurang tebal.

3. Alas kaki

Dalam pendakian tentu harus menggunakan alas kaki yang lengkap mulai dari kaos kaki hingga sepatu gunung. Tujuannya agar lebih nyaman ketika melintasi hutan di tengah gunung dengan  berbagai medan mulaid ari bebatuan, akar-akaran, tanah berpasir daln lainnya. Tapi jika Anda tidak menyukai menggunakan sepatu gunung Anda boleh juga menggunakan sandal gunung ketika melakukan pendakian. Pilihlah yang menurut Anda nyaman dan aman.

4. Logistik

Setiap pendakian tentu membutuhkan banyak logistik, bahkan bisa disebut ini adalah hal yang sangat penting. Jika tubuh pendaki tidak diisi dengan makanan dan minuman tentu tidak akan sanggup menaklukkan sebuah gunung bukan? Oleh karena itu membawa logistik merupakan hal yang sangatlah urgen ketika hendak berekspedisi.

5. Obat-obatan

Membawa obat-obatan juga sangatlah penting, apalagi jika kita mendaki secara berkelompok, obat-obatan sangatlah berfungsi terutama perlengkapan P3K. Sebab ketika menyusuri jalanan pegunungan tidak ada yang tahu bahaya apa yang akan menghadang. Oleh karena itu lebih baik berjaga0jaga dan membawa obat-obatan. Terlebih bagi individu yang memiliki penyakit yang suka kambuh-kambuhan maka harus membawa obatnya supaya ketika kambuh bisa langsung di atasi. Untuk lebih mudah membawanya ketika mendaki bawalah tas selempang, jadi ketika butuh obat tak perlu ribet-ribet bongkar tas carier.

6. Peralatan tidur

Bawalah tenda ketika hendak mendaki, sebab saya pernah mengalaminya sendiri ketika mendaki tidak membawa tenda dan hasilnya di puncak saat ngecamp terlantar kedinginan tak punya tempat untuk tidur. Selain membawa tenda Anda harus membawa matras dan sleeping bag supaya tidur Anda semakin nyaman walaupun di tengah-tengah hutan.

Nah itulah perlengkapan dan peralatan yang dibutuhkan ketika mendaki dengan aman dan nyaman. Siapkan baik-baik ya ketika ingin melakukan ekspedisi pendakian supaya aman dan nyaman. Semoga bermanfaat dan salam pecinta alam.

Tidak ada komentar:
Write komentar