Sabtu, 23 September 2017

5 Hal Yang Wajib Disiapkan Sebelum Mendaki Gunung

Perlengkapan Mendaki

Mendaki gunung,banyak sekal komentar ketika mendengar kalimat itu. Ada yang menganggapnya sebagai olahraga yang menyenangkan, olahraga ekstreme bahkan ada yang berkomentar miring tentang kegiatan mendaki gunung. Bagi saya sendiri yang sudah menganggap mendaki gunung sebagai hoby tentu komentar saya adalah mendaki adalah hal yang amat menyenangkan dan mengasikkan. Selain kita bisa melihat alam bebas, pemandangan-pemandangan indah di sepanjang jalan pendakian, bertemu teman-teman dan komunitas baru serta banyak hal positif lainnya yang saya dapatkan dari kegiatan ini.
Banyak sekali pengalaman pahit dan manis ketika mendaki sebuah gunung, tapi kayaknya masih dominan pengalaman manis sih. Bagi Anda yang ingin mendaki gunung atau baru pertama kali mendaki gunung pastikan semua peralatan yang dibutuhkan dalam pendakian. Tapi bukan hanya peralatan saja yang perlu disiapkan mental, fisik dan informasi pun sangat dibutuhkan jika ingin melakukan pendakian.
Bagi Anda pendaki pemula tentu belum tahu dan faham betul apa saja yang harus disiapkan ketika hendak mendaki. Ada pepatah mengatakan “Jika Anda gagal mempersiapkan segalanya, berarti Anda sedang bersiap menemui kegagalan”. Supaya terhindar dari sebuah kegagalan saat mendaki gunung, tentu Anda harus mempersiapkan matang-matang apa yang harus dibawa dalam ekspedisi ini. berikut sedikit saran yang berasal dari pengalaman pribadi saya

1. Siapkan fisik dan stamina

Kegiatan pendakian bukanlah kegiatan rekreasi biasa, menyusuri alam bebas nan liar tentu bukanlah habitat manusia pada umumnya. Kegiatan ini membutuhkan banyak energi dan stamina meskipun gunung yang Anda daki adalah gunung yang sering digunakan untuk rekreasi atau disebut gunungnya para pendaki pemula. Semua pendakian tentu membutuhkan banyak energi jadi sangat diperlukan latihan fisik ketika hendak mendaki misalnya dengan jogging atau olahraga lainnya yang tentu membantu menguatkan fisik Anda paling tidak hal ini dilakukan satu bukan sebelum hari pendakian.

2. Lakukan riset Tentang Gunung

Jika saat traveling ke sebuah objek wisata biasanya Anda tidak melakukan riset karena ingin terkejut ketika melihat indah dan bagusnya sebuah objek wisata, hal semacam ini tidak diperbolehkan ketika ingin melakukan pendakian. Justru Anda harus melakukan riset dan mencari info sebanyak-banyaknya terkait gunung yang akan didaki, mulai dari jalur gunungnya, suhu dan cuaca terkini, status gunung, posko SAR dan sebagainya. Semakin banyak informasi yang Anda dapatkan tandanya semakin matang pula persiapan mendaki Anda.

3. Persiapkan perlengkapan pendakian

Anda sangat membutuhkan perlengkapan mendaki untuk mendukung ketika dalam pendakian, memang bnayak orang yang meremehkan hal ini baik di kalangan pemula ataupun senior. Peralatan bukan berarti hanya tentang P3K, namun peralatan dasar lainnya yang memang harus dibawa oleh pendaki seperti jaket tebal untuk menahan dari dinginnya udara gunung, sepatu gunung untuk menjaga dari duri-duri dan kerikil sepanjang perjalanan, sandal gunung untuk bersantai ketika mendirikan tenda, tas carier untuk membawa perlengkapan pendakian, tenda untuk tidur dan berteduh, tas selempang untuk membawa barang-barang kecil yang sering dibutuhkan dan masih banyak masih banyak lagi yang harus dibawa. Semua itu dibawa demi keberhasilan Anda dalam mendaki sebuah gunung.

4. Membawa logistik yang cukup

Ketika ingin mendaki tentu Anda harus mengkalkulasikan kira-kira pendakian ini selesai dalam berapa hari, hal ini dimaksudkan supaya logistik yang dibawa tidak kurang ada baiknya dilebihkan untuk jaga-jaga. Bawa juga trash bag untuk mengumpulkan sampah-sampah yang Anda temukan di jalur pendakian demi terjaganya hutan yang bersih.

5. Lakukan secara bertahap

Jika Anda pendaki pemula, sangat dianjurkan untuk mendaki gunung dengan ketinggian renda terlebih dahulu dan step by step ke gunung yang lebih tinggi. Tapi patokan dalam mendaki sebenarnya bukan masalah ketinggian saja namun tingkat kesulitan trek pun harus dipertimbangkan. Karena tak semua gunung rendah memiliki trek yang mudah dan tidak semua gunung tinggi punya trek sulit. Lagi-lagi lakukan riset terlebih dahulu dengan baik ketika ingin mendaki.

Nah tulah sedikit saran bagi para pendaki pemula yang ingin mendaki sebuah gunung. Satu hal lagi yang harus diperhatikan pendaki adalah menjaga etika dalam perjalanan ekspedisi. Baik dengan teman-teman pendakian, orang-orang lain di pendakian serta etika dengan alam. Salam pecinta alam.

Tidak ada komentar:
Write komentar