Rabu, 16 Agustus 2017

Ketahui Suhu AC yang Tepat di Ruangan Anda

Mengatur Suhu Ruangan

Salah satu perangkat elektronik yang pada saat ini sudah menjadi salah satu perangkat elektronik yang penting dan wajib hadir hampir di setiap rumah masyarakat Indonesia adalah AC. Letak geografis Indonesia yang membuat kita mengalami iklim tropis dengan suhu yang cukup tinggi menjadi salah satu penyebabnya. Teruatama di kota-kota besar yang membuat kita berkeringat dan merasa gerah, rasanya akan tidak nyaman jika tidak menggunakan AC.

Namun, kadang kali sering terjadi kesalahan yang dilakukan oleh kebanyakan orang dalam menyetel temperatur AC yang tepat. Kesalahan yang terjadi biasanya karena menyetel suhu udara yang terlalu dingin. Jika kesalahan tersebut dibiarkan secara terus-menerus, maka AC Anda akan jadi cepat panas, bahkan jadi rusak dan Anda jadi butuh menggunakan jasa Service AC Bandung untuk memperbaikinya.

Tidak Perlu Dingin

Ternyata, AC tidak diciptakan untuk menciptakan suhu udara yang dingin. Hal ini yang menjadi dasar mengapa sering terjadi kesalahan penyetelan suhu AC di ruangan. Karena dianggap untuk membuat ruangan jadi dingin, AC disetel ke suhu yang paling rendah. Padahal, tujuan dari pemasangan AC adalah untuk menjadikan ruangan lebih sejuk, bukan jadi lebih dingin. Karena penyetelan suhu AC yang sangat rendah itu, membuat penggunaan listrik di rumah jadi sangat boros. Semakin rendah suhu yang diatur, maka AC akan bekerja jauh lebih keras dan pastinya akan membuat energi listrik yang dikonsumsi semakin besar. Akibatnya, tagihan listrik akan membengkak dan membuat kantong Anda jadi jebol dan dompet jadi semakin menipis.

Suhu yang Tepat

Setelah mengetahui bahwa dalam menyetel AC tidak membutuhkan suhu yang sangat rendah agar keadaan ruangan jadi sejuk, maka Anda juga perlu mengetahui berapa suhu yang tepat untuk disetel di sebuah ruangan. Jawabannya adalah hanya sekitar 24 sampai 25 derajat. Bahkan, bagi beberapa orang, dengan suhu sekitar 26 derajat saja ternyata sudah cukup. Hal ini tentunya juga harus disesuaikan kembali berdasarkan dengan aktivitas yang dilakukan, juga jumlah orang di dalam ruangan tersebut dan luas dari ruangan itu sendiri.

Jika Anda sering menggunakan AC dengan temperatur sekitar 16 sampai 18 derajat di kamar tidur pada malam hari, segera ganti pola hidup Anda! Suhu tersebut terlalu dingin untuk diaplikasikan di kamar tidur. Anda tidak melakukan aktivitas berat yang membuat Anda berkeringat dan mengeluarkan panas dari tubuh. Selain itu karena kamar tidur bersifat privat berarti juga tidak terdapat banyak orang di dalam ruangan yang menjelaskan bahwa Anda tidak membutuhkan suhu serendah itu.

Tidak Baik Untuk Kesehatan

Sering menggunakan AC dengan temperature yang rendah sekitar di bawah 20 derajat juga memiliki dampak yang tidak baik bagi tubuh Anda. Jika bagian wajah Anda terus-menerus terpapar udara dingin yang dihasilkan oleh AC, maka dampak buruk yang kemungkinan besar bisa timbul adalah kelumpuhan wajah. Hal ini terjadi karena adanya pembengkakan syaraf di bagian wajah dan menyebabkan Anda kesulitan untuk bicara, minum, dan kaku untuk berbicara.

Tak hanya itu, jika menggunakan suhu yang sangat rendah pada saat tidur juga sering membuat Anda terjaga pada malam hari karena tidak nyaman bahkan karena menggigil. Jika Anda memiliki riwayat asma juga perlu memperhatikan suhu udaranya. Jika terlalu rendah, maka Anda bisa kesulitan bernapas, sesak napas dan asma Anda juga bisa jadi kambuh.

Tidak ada komentar:
Write komentar