Kamis, 24 Agustus 2017

Ingat! Pentingnya Olahraga Pada Masa Kehamilan Bagi Kesehatan Ibu Hamil

Olahraga Ibu Hamil

Salah satu cara untuk membentuk tubuh yang sehat adalah dengan berolahraga. Jadi orang yang berolahraga secara rutin tubuhnya akan lebih sehat dan bugar ketimbang orang yang tidak berolahraga tentu tubuhnya akan lebih terlihat lemah dan lemas. Begitu juga olahraga bagi ibu hamil tentu banyak sekali manfaatnya selain untuk menjaga kesehatan ibu hamil dengan berolahraga tentu bayi akan tumbuh dengan sehat pula. Selain manfaat itu tentu banyak ibu hamil yang menginginkan ketika tiba waktu persalinan tentu akan berjaln dengan lancar.

Banyak sekali macam olahraga yang bisa dilakukan oleh ibu hamil diantaranya adalah yoga dan senam hamil. Jika ibu haml rutin dan menjalankannya sesua porsinya tentu tubuh ibu hamil akan tetap sehat dan janinnya akan tumbuh menjadi bayi yang sehat. Namun banyak di kalangan ibu hamil yang malas melakukannya, tentunya dibarengi dengan alasan yang bermacam-macam. Walaupun sebenarnya para ibu hamil tentu sudah tahu tentang pentingnya dan betapa banyaknya manfaat olahraga bagi ibu hamil. Berikut ini adalah beberapa manfaat yang akan didapatkan oleh ibu hamil jika rutin berolahraga. Simak baik-baik ya.

1. Meningkatkan Energi Tubuh

Pada masa kehamilan tentu sangat menguras banyak tenaga ibu hamil namun dengan olahraga yang teratur tentu akan membantu ibu hamil melalui kegiatannya sehari-harinya. Dengan berolahraga tentu akan memperkuat sistem kardio vaskular jadi akan membuat ibu hamil tidak mudah merasakan capek. Dengan otot yang lebih terlatih, ibu hamil tidak akan membutuhkan usaha yang berlebih untuk mengerjakan berbagai aktivitas rumah tangga.

2. Mudah Ketika Istirahat Malam

Ketika masa kehamilan ibu hamil sudah bertambah hingga 7 kg atau lebih tentu saat itu juga ibu hamil akan sulit menemukan posisi tidur yang nyaman. Namun dengan sedikit berolahraga secara rutin akan membantu ibu hamil menguras energi dan membuat ibu hamil cukup capek yang berdampak pada mudahnya memejamkan mata ketika malam hari.

3.Mengurangi Rasa Tidak Nyaman Ketika Masa Kehamilan

Pada umumnya olahraga yang dlakukan secara teratur akan memperkuat otot dalam tubuh sehingga tubuh akan sedikit toleran terhadap rasa sakit selama masa kehamilan. Dengan melakukan banyak olahraga yang tidak membahayakan kesehata ibu hamil dan janinnya, maka ibu hamil akan mendapatkan banyak sekali manfaat diantaranya adalah memperkuat abdomen, mengurangi rasa sakit pada punggung dan membuat tubuh tetap cantik saat hamil.

4. Menyiapkan Proses Persalinan

Semakin sehat kondisi tubuh ibu hamil tentu akan semakin kuat juga tubuhnya ketika dihadapkan dengan proses persalinan. Jika diibaratkan proses persalinan itu bagaikan olahraga lari maraton yang membutuhkan banyak tenaga, determinasi dan juga fokus. Jadi semakin rutin ibu hamil berolahraga melatih otot dan pernafasan tentu pada saat persalinan akan lebih mudah dan proses persalinan akan memakan waktu yang lebih pendek ketimbang yang tidak pernah olahraga.

5. Mempermudah Mengembalikan Tubuh Seperti Sebelum Hamil

Point terakhir ini tentu sangat memotivasi banyak ibu hamil supaya rajin berolahraga ketika masa kehamilan. Karena ketika ibu hamil rutin berolahraga maka otot-otot tubuh ibu hamil akan terbentuk sehingga setelah melahirkan tubuh akan lebih mudah kembali ke bentuk aslinya setelah melahirkan. Banyak sekali contohnya dikalangan Artis Indonesia salah satunya adalah Andien.

Nah tulah manfaat yang akan ibu hamil dapatkan ketika rutin berolahraga pada masa kehamilan. Tapi perlu diingat porsi olahraga ibu hamil tentu berbeda dengan wanita yang tidak hamil. Jadi sangat disarankan supaya tidak terjadi kejadian yang tak diinginkan, sebelum melakukan program olahraga ketika hamil hendaklah konsultasikan dengan dokter kandungan kepercayaan Anda. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:
Write komentar