Jumat, 07 Juli 2017

Tips Mengerjakan Skripsi Agar Cepat Selesai

Taukah Anda rasanya mahasiswa tingkat akhir? Jika di awal kuliah banyak mahasiswa baru berfikir sangat idealis, bermimpi menjadi ini dan itu maka perlahan-lahan idealisme itu akan terkikis seiring dengan berjalannya waktu. Idealnya saat awal kuliah para mahasiswa sebagai akademisi ingin mendapatkan hasil maksimal seperti IPK 4.00.

Namun saat menginjak di semester akhir dan menghadapi skripsi, banyak dari mahasiswa melupakan idealisme yang sejak lama dianutnya. Mahasiswa akhir berfikiran bagaimana saya bisa menyelesaikan skripsi dengan cepat dan bisa segera wisuda.

Namun saat itulah tantangan terakhir menjadi mahasiswa tingkat akhir dan menjadi kunci untuk membuka pintu terakhir di jenjang strata satu. Namun tak sedikit mahasiswa yang mengaku bahwa skripsi adalah beban terberat selama mahasiswa serta banyak pula mahasiswa yang berakhir gagal mendapatkan gelar sarjana karena tak mampu menyelesaikan skripsinya.

Tapi sebenarnya mengerjakan skripsi tak sesulityang Anda bayangkan. Asalkan sudah tau trik dan tipsnya skripsi bisa diselesaikan secepatnya.berikut penjelasannya silahkan disimak dengan seksama.

1. Buat deadline sendiri

Ada beberapa mahasiswa yang tidak bisa semangat jika tidak diberi deadline saat diberi tugas mengerjakan sesuatu termasuk skripsi. Jadi bagi mahasiswa yang ingin cepat selesai skripsinya buatlah deadline untuk diri Anda sendiri, supaya memiliki target kapan skripsi Anda harus selesai dan tidak membuang waktu dengan menunda-nunda mengerjakan skripsi.

2. Pilihlah tema yang Anda suka dan faham

Pemilihan tema atau judul sangatlah penting, jangan hanya karena punya standart tinggi dan memilih tema yang rumit dan tidak Anda fahami lalu skripsi Anda jadi mengambang dan tidak tahu kapan bisa terselesaikan. Sangat disarankan untuk memilih tema yang memang Anda sudah faham dan tentunya Anda suka membedah tema tersebut.

3. Kerjakan di tempat yang membuat Anda nyaman

Memilih tempat untuk mengerjakan adalah hal yang sangat penting. Sebab jika tempat yang Anda pilih membuat Anda nyaman dan tenang maka ide-ide baru untuk skripsi Anda akan muncul dan tentunya Anda bisa tahan lama dalam mengerjakan skripsi begitupun sebaliknya. Jadi jangan remehkan tentang pemilihan tempat mengerjakan skripsi.

4. Gunakanlah buku karangan dospem Anda jika ada

Jika dosen pembimbing Anda memiliki karangan buku yang sesuai dengan tema skripsi yang sedang Anda bahas, usahakan untuk menjadikan buku dosen pembimbing Anda sebagai salah satu referensi dalam skripsi Anda. Sebab ini akan menjadi nilai plus di mata dosen pembimbing Anda.

5. Rajin-rajin mendatangi wisudaan teman

Cara ini mungkin terlalu mainstream, karena alasan Anda mendatangi wisuda teman biasanya ingin tertular cepat wisuda juga. Namun hal ini juga patut untuk dilakukan agar Anda mendapatkan motivasi dan segera menyelesaikan skripsi.

6. Kurangi jatah nongkrong

Bagi mahasiswa semester akhir nongkrong di cafe atau tempat lain menjadi rutinitas sehari-hari, karena selain sudah tidak ada lagi mata kuliah yang diambil, tugas mereka hanya menyelesaikan skripsi sebagai tugas akhir. Tapi jika Anda ingin membanggakan orang tua Anda kurangilah waktu nongkrong Anda dan gunakan waktu Anda semaksimal mungkin untuk menyelesaikan skripsi Anda.

7. Lingkungan yang mendukung

Lingkungan yang mendukung tentu sangatlah penting, ibarat jika Anda berada disekitar penjual tukang minyak wangi maka Anda akan mendapatkan bau yang wangi juga namun jika Anda berada disekitar pandai besi maka Anda akan tertular bau asapnya. Begitupula skripsi jika lingkungan sekitar Anda kondusif dan mendukung tentu skripsi Anda akan selesai dengan cepat.

8. Minta doa kepada ortu

Jangan lupa untuk meminta didoakan orang tua walaupun sudah barang tentu orang tua kita selalu mendoakan kita di manapun dan kapanpun. Doa orang tua memiliki peran yang sangat penting dalam kesuksesan dan keberhasilan skripsi dan studi anak-anaknya.

9. Jangan lupa doa dan minta bantuan Allah

Terakhir, jangan hanya meminta doa orang tua tapi doakan diri Anda sendiri supaya dipermudah dalam segala hal termasuk mengerjakan skripsi. Perbanyaklah beribadah kepada Tuhan sanga pencipta sehingga doa-doa Anda bisa segera dikabulkan.

Itulah sedikit tips yang bisa saya berikan. Jadi kapan mimin bisa liat ijazah sarjanamu?

Tidak ada komentar:
Write komentar