Sabtu, 24 Juni 2017

Faktor yang Mempengaruhi Para Wanita dalam Berhijab


Berhijab merupakan bagian cara seorang wanita untuk melaksanakan suatu perintah Allah dalam menutupi aurat, terutama pada bagian anggota tubuh bagian atas. Walaupun dalam tataran aplikasinya, perintah tersebut ada yang memang sudah dilaksanakan ada juga yang belum, tergantung dari kesiapan dan keimanan dari pribadi seorang wanita tersebut. Ada juga memang diantaranya para wanita yang sudah beli hijab, namun masih ragu untuk memakainya, karena belum terbiasa dan masih merasakan malu. Hal ini sangatlah wajar, mengingat zaman sekarang ini masih banyak dari seorang wanita yang beranggapan dan mempunyai pandangan bahwa kesiapan dalam memakai hijab harus dimulai dari hati dulu baru ke penampilan.

Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi pandangan seseorang wanita, terutama dalam memahami tentang perintah berhijab, diantaranya:

Faktor Internal

Faktor internal merupakan faktor yang ada pada diri pribadi wanita tersebut, diantaranya faktor pendidikan, faktor tingkat kematangan berfikir, faktor usia, bahkan yang paling utama adalah faktor keimanan. Faktor pendidikan merupakan salah satu faktor yang dapat menentukan sejauh mana pengetahuan wanita tersebut dalam melaksanakan perintah berhijab. Seharusnya semakin tinggi tingkat pendidikan seorang, maka akan lebih mudah seseorang untuk mengerti dan memahami akan sesuatu hal, apalagi terkait pelaksanaan perintah berhijab. Terlepas dari faktor pendidikan, usia, dan tingkat kematangan berfikir, ada yang lebih penting dalam menentukan seorang wanita dalam memakai jilbab yaitu faktor keimanan. Bagi seorang wanita yang mempunyai tingkat keimanan tinggi pastinya sudah tidak perlu mempertimbangkan aspek-aspek yang lainnya dalam melaksanakan perintah berhijab. 

Faktor Eksternal

Faktor eksternal adalah faktor yang mempengaruhi di luar dari pribadi wanita tersebut, diantaranya faktor lingkungan, baik lingkungan keluarga, masyarakat, sekolah, maupun lingkungan tempat bermain. faktor di atas tentunya mempunyai peran penting dalam membentuk karakter, sifat, bahkan opini atau pandangan pada seorang wanita dalam memahami perintah berhijab. Terutama faktor keluarga, yang merupakan garda terdepan yang mempunyai peranan dalam membentuk kepribadian dari seorang wanita tersebut. Misalnya bagaimana seorang anak mau berhijab jikalau orang tuanya pun tidak berhijab, karena ada masanya juga ketika apa yang dilakukan orang tuanya akan ditiru oleh anaknya.

Jadi dalam menentukan sikap seorang wanita dalam melaksanakan perintah berhijab, banyak faktor yang mempengaruhinya. Bagi anda seorang wanita yang sudah final dalam memutuskan untuk berhijab, semoga diberikan hati yang istiqomah. Bagi yang sudah beli hijab sebelumnya, sekarang tinggal memantapkan hatinya untuk selalu memakai hijab.

Untuk itu bagi anda yang ingin mencari berbagai model hijab yang fashonable dan juga syar’i, maka Hijup.com bisa menjadi solusinya. 

Tidak ada komentar:
Write komentar