Rabu, 24 Mei 2017

Tips Membeli Rumah KPR Murah Agar Tidak Tertipu


KPR adalah salah satu sistem kredit pemilikan rumah yg diberikan kepada masayrakat ataupun nasabah yang akan membeli ataupun memperbaiki rumah. Dan di Indonesia sendiri ada dua jenis KPR yaitu KPR subsisi dan juga KPR non- subsidi. Akan tetapi ada baiknya jika Anda memahami dengan baik segala proses dan ketentuan yang ada untuk membeli rumah KPR murah agar tidak terjadi kealahan. Dan beriku adalah tips membeli rumah KPR murah agar tidak tertipu.

Reputasi dari developer

Utamakan reutasi dari developernya karena sangat penting. Dan cara mengukur reputasu dari developer adalah kelengkapan ijin developer dari ijin peruntukan tanah seperti ijin lokasi, site plan yang telah disahkan, aspek penatagunaan lahan, nomor sertifikat tanah, surat ijin mendirkan bangunan, surat ijin penggunaan bangunan dan lain sebagainya.

Sertifikat masih nama developer

Dalam masalah ini memang sangatlah penting untuk memastikan ke pengembang kapan pastinya sertifikat berlalih menjadi atas nama Anda. Dalam perjanjian jula beli juga  biasanya dicantumkan target penyelesaian sertifikat. Karen aapabila sertifkat belum balik nama dan masih nama developer maka take over dari KPR akan mengalami kesulitan.

Jangan membayar DP pada developer jika KPR belum disejutui

Anda perlu tahu jika permohonan KPR Anda belum disetujui maka Anda jangan pernah membayar DP pada developer, walaupun developer sudah bekerja sama dengan bank. Pihak bank tidak hanya melihat developernya saja namun juga mengevaluasi kemampuan nasabah dalam melunasi cicilan KPR nanti. Karena apabila Anda sudah terlanjur membayar DP kepada developer bisa jadi saat Anda meminta kembali akan ada potongan.

Segera AJB jika rumah sudah jadi

Apabila rumah suda jadi maka gantilah status yang semula PPJB menjadi AJB. AJB adalah bukti legal yang mengatakan bahwa hak atas tanha dan juga bangunan adalah sudah mejadi miliki pembeli dan jika Anda belum melakukanny haka atas tanah dan juga bangnan masih menjadi hak milik developer.

Nah, demikianlah informasi yang dapat diberikan kepada Anda mengenai tips membeli rumah KPR murah dan semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda. Terima kasih.

1 komentar:
Write komentar
  1. tipsnya mantep min, jadi bisa jaga-jaga kalo mau beli rumah...hehe

    BalasHapus