Minggu, 14 Mei 2017

Manfaat Mengkonsumsi Jahe Bagi Kesehatan Tubuh


Jahe merupakan salah saturempah yang digunakan oleh ibu-ibu untuk dijadikan bumbu masak. Namun jangan dikira hanya itu saja yang bisa didapatkan dari tanaman satu ini. Selain untuk memperkaya rasa masakan jahe juga bgus bagi kesehatan tubuh manusia karena dalam jahe terkandung senyawa berupa minyak atsiri yang salah satu khasiatnya adalah memberikan kehangatan bagi tubuh saat cuaca dingin di malam hari.

Tanaman ini sangat mudah ditemukan di Negara Indonesia khususnya di pedesaan anda akan sangat mudah menemukan warga yang menanam jahe di pekarangan-pekarangan atau halaman depan rumah. Jahe ini memiliki beberapa jenis diantaranay adalah:

Jahe gajah: diberi nama jahe gajah dikarenakan bentuknya saja yang besar namun rasanya tak terlalu pedas layaknya jahe lainnya. Daging jahe gajah berwarna kuning hingga putih. Namun walaupn berbeda dari jahe yang lainnya jahe gajah ini termasuk banyak diminati oleh masyarakat dunia.

Jahe kuning: jahe ini sering digunakan untuk bumbu masakan lokal karena aroma yang dihasilkan jahe ini cukup tajam. Ukurannya tentu jelas jauh lebih kecil dari jahe gajah.

Jahe merah: jenis jahe ini menyimpan kandungan minyak atrisi paling banyak ketimbang jenis yang lainnya karena rasa yang pedas jahe jenis ini sering digunakan untuk membuat jamu tradisional. Jahe ini bentuknya kecil dan berwarna agak kemerahan serta memiliki serat yang lebih banyak dari pada jahe jenis lainnya
Selain untuk menghangatkan badan karena menyimpan senyawa minyak atrisi tanaman ini juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Berikut manfaat yang akan anda dapatkan ketika mengkonsumsi rempah satu ini.

1. Menjaga kesehatan jantung

Tubuh manusia menyimpan banyak kolesterol dan minyak yang merupakan susunan dari minyak nabati dan hewani yang dapat meningkatkan resiko terkena penyakit jantung. Hubungannya dengan jahe adalah jahe memegang peran sebagai penurun kadar trigliserida dan kolesterol yang berlebih dalam tubuh sehingga dapat mengurangi resiko penyakit jantung.

2. Mengatasi gangguan pencernaan

Ketika wanita sedang haid biasanya mengalami gangguan kesehatan di sistem pencernaan seperti kram adan rasa sakit yang timbul menjelang haid. Semua ini dapat dimiimalisir bahkan dicegah jika anda sering meminum air jahe secara rutin.

3. Mengobati kanker usus

Salah satu universitas terkemuka di Amerika serikat menyebutkan bahwa jika ruitn mengkonsumsi makanan atau minuman yang berbahan dasar jahe  dapat mencegah penyakit kanker koloretal atau biasa disebut kanker usus besar.

4. Meningkatkan sitem kekebalan tubuh

Tubuh akan sehat dan kebal terhadap serangan penyakit, caranya dengan memperkuat sistem imn dalam tubuh. Jika antibodi dalam tubuh menguat maka bakteri dan virus yang menyerang akan mudah dikalahkan. Untuk memperkuat imun dalam tubuh anda bisa meminum wedang jahe secara teratur, dengan meminumnya secara teratur maka jahe akan memberikan manfaat bagi kekebalan tubuh anda karena memeiliki sifat sebagai antioksidan.

Sebenarnya masih banyak lagi khasiat yang terkandung dalam tanaman ini seperti meringangkan rasa nyeri ketika dating bulan, mencegah peradangan, menghilangkan batuk berdahak dan masih banyak khasiat lain yang terkandung di dalamnya. Gimana, masih ga suka minum jahe? Rutin minumlah jahe dapat menjaga kesehatan diri kita sendiri.

1 komentar:
Write komentar