Buah Yang Baik Dikonsumsi Ketika Puasa


Sudah siapkah Anda menghadapi bulan Ramadhan? Banyak pertanyaan semacam itu terlontar dari mulut sahabat-sahabat ketika menjelang bulan Ramadhan. Namun pertanyaan ini masih terlalu umum, sehingga timbul pertanyaan lain dibenak saya sendiri ketika ditanya semacam itu, apa yang harus disiapkan untuk menghadapi bulan Ramadhan?

Kesiapan fisik tentu jawaban utamanya tapi jangan kira hanya fisik Anda saja yang harus disiapkan. Hal-hal yang menunjang kesehatan fisik juga harus disiapkan salah satunya adalah makanan. Biasanya orang-orang akan memilih makanan yang bergizi baik agar tidak merasa lemas ketika sedang menjalani ibadah puasa.

Tapi tak cukup rasanya jika hanya mengkonsumsi makanan saja, buah-buahan yang bergizi tentu sangat penting dikonsumsi ketika menjalani puasa. Banyaknya vitamin yang terkandung dalam buah-buahan membuat buah sangat dianjurkan untuk mengkonsumsinya ketika berpuasa. Tapi harus diingat juga konsumsilah buah yang banyak gizinya.

Karena itulah kali ini saya akan memaparkan buah-buahan yang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi ketika hendak berpuasa.

1. Semangka

Buah semangka ini banyak mengandung vitamin A dan C yang menjadi sumber anti oksidan yang baik untuk tubuh. Warna merah pada semangka menandakan bahwa kandungan likopen yang tinggi. Likopen yang terkandung dalam semangka sangat ampuh menangkal radikal bebas dan mencegah berbagai penyakit seperti halnya penyakit kanker.

2. Pepaya

Buah pepaya adalah buah yang sangat familiar dan dapat kita temukan dimana-mana. Selain mudah ditemukan buah pepaya juga memiliki harga yang murah. Jangan remehkan buah murah ini, buah pepaya saat sudah matang akan mengandung betakaroten, beta-cryptoxathin serta lutein dan zeaksantin. Selain itu buah pepaya juga mengandung vitamin C dan serat. Dengan semua kendungan itu tentu sangat baik bagi kebugaran tubuh Anda ketika berpuasa.

3. Mangga

Buah mangga selain mengandung air, kabohidrat dan serat. Buah mangga juga mengandung protein, lemak, vitamin, mineral, macam-macam asam, tanin, zat warna dan zat volatil. Kabohidrat daging buah mangga terdiri dari gula sederhana, pati dan selulosa. Gula berperan dalam memberikan rasa manis dan penghasil energi yang dapat segera digunakan oleh tubuh.

4. Pir

Buah yang memiliki bentuk seperti jambu monyet ini memiliki kandungan asam kloro-genat. Kandungan ini berfungsi sebagai antioksidan yang membendung pembentukan sel-sel kanker serta mampu mencegah bakteri penyebab penyakit saluran pencernaan.

Buah pir juga baik untuk mencegah radikal bebas karena mengandung banyak vitamin C. Vitamin C juga memacu sel darah putih melawan infeksi, membunuh bakteri dan virus serta meregenerasi vitamin E. Karena tanpa adanya vitamin C maka vitamin E akan teroksidan oleh radikal bebas.

5. Apel

Buah yang sering anda temui ini mengandung gizi yang amat tinggi. Terutama vitamin dan mineral yang terkandung dalam buah apel. Sama halnya dengan buah pir, apel juga menangkal redikal bebas dan juga jika Anda mengkonsumsi apel setiap harinya satu buah apel makan Anda akan mendapatkan hasil kulit yang halus dan tubuh menjadi langsing.

Sudah saya paparkan buah-buah yang baik dikonsumsi saat puasa, sebenarnya masih banyak lagi buah-buah yang memiliki banyak gizi seperti anggur, pisang, melon, jeruk dan blewah. Jadi jangan sampai lupa konsumsi buah bergizi saat berpuasa yaa.
Share on Google Plus

About Wulandari

Gadis Sederhana Yang Ingin Selalu Berbagi Hal Baru Dan Bermanfaat Untuk Orang Lain
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar